Cara Cerdas Memanfaatkan Waktu Luang

Bina Insan Sahabat Al Qur’an  –  Kalau kita perhatikan, ternyata banyak sekali waktu luang dalam kehidupan kita sehari-hari. Terutama kegiatan olah pikiran. Misalnya ketika kita berjalan dalam satu tempat ke tempat yang lain, ketika sedang naik kendaraan, saat mengikut rapat, saat mendaki gunung, saat berkumpul bersama teman, dan kegiatan lainnya. Secara fisik memang kita dalam sebuah kesibukan, tapi secara pikiran, kadang tak ada aktifitas yang berarti sehingga berakhir dengan melamun, menghayal, dan memikirkan banyak hal yang kurang manfaat.

Bila kekosongan ini kita gunakan untuk mengulangi hafalan atau memikirkan kembali ayat-ayat yang baru saja kita hafal, merenungkan kembali makna-makna ayat, mentadabburi kandungan Al-Qur’an, insya Allah akan sangat bermanfaat.

Salah satu cara tadabbur terbaik adalah mengaitkan setiap kejadian yang kita lihat, kita dengar dan kita alami, dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Ketika mendapatkan hadiah dari teman-teman, kita mencoba mengingat-ingat manakah ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan kondisi kita saat ini. Ketika mengalami musibah, kita berfikir manakah ayat Al-Qur’an yang paling sesuai dengan kondisi kita saat ini.

Atau memikirkan satu atau dua ayat secara mendalam dalam sehari penuh. Insya Allah banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bila hal ini terus berlanjut sampai kita tidur, maka akan memberi dampak yang sangat baik bagi pikiran. Sebab walaupun tidur, otak kita tidak berhenti bekerja.

Mengulangi hafalan atau memikirkan kandungan ayat ayat sebelum tidur insya Allah akan menguatkan hafalan ini, dan menjadikan informasi dan hasil pikiran itu dapat terendapkan dengan baik dalam pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More