Metode Cepat Hafal al-Qur’an

Metode Cepat Hafal al-Qur'an
Bisa – Untuk meringankan hafalan al-Qur’an sebanyak 8 juz bagi mahasiswa, Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta menggelar stadium general “Metode Cepat Menghafal al-Quran” pada Kamis, (12/9/2013) di Aula FDI.

“Banyak mahasiswa FDI yang menumpuk hafalannya di akhir semester, sehingga menghambat proses kelulusan,” ujar Dekan FDI, Prof Dr Abuddin Nata MA dalam sambutannya.

Untuk mensiasati hal tersebut, lanjutnya, setoran hafalan al-Quran dijadwalkan setiap semester, bahkan sekarang dijadwalkan setiap hari Jum’at.

“Mahasiswa kami berikan kebebasan untuk menggunakan metode masing-masing, yang terpenting mereka mampu menghafal minimal 8 juz al-Qur’an yang menjadi syarat kelulusannya sekaligus menjadi pembeda dengan fakultas lain,” katanya.

Abuddin berharap, dengan adanya stadium general ini, mahasiswa FDI dapat termotivasi untuk menghafal al-Qur’an dengan metode yang sudah teruji.

Sementara itu, Sobari Sutarip, Lc, MA, yang menjadi nara sumber dalam acara tersebut menegaskan, bahwa menghafal al-Qur’an itu mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, baik tua maupun muda sebagaimana firman Allah dalam surat al-Qomar ayat 17.

“Syarat utamanya harus ada azzam (niat yang kuat) dan meminta kepada yang menurunkan al-Qur’an supaya dipantaskan menjadi penghafal al-Qur’an,” ujar pria yang sudah hafal al-Qur’an sebelum melanjutkan studinya ke Universitas Al-Azhar Mesir.

Niatnya juga harus ikhlas dan tulus karena Allah, sambungnya, jangan karena hanya sekedar memenuhi syarat kelulusan saja. “Kalau niatnya ikhlas tulus karena Allah, pasti diberikan kemudahan dan kenikmatan ketika menghafalnya,” jelasnya.

Beberapa metode yang dapat digunakan menghafal al-Qur’an dengan cepat dan tepat, antara lain, metode tadabbur (merenungi isi ayat), istima’ (mendengarkan dengan sungguh-sungguh) dan muraja’ah (mengulang hafalan).

Ia menambahkan, pemuda yang hafal al-Qur’an darahnya akan tercampur dengan al-Qur’an dan kecerdasannya akan melejit melebihi kecerdasan yang tidak menghafal al-Qur’an.

“Penghafal al-Qur’an itu hidupnya akan sukses dunia akhirat dan ini bisa dibuktikan secara ilmiah dan naqliyah,” tandasnya sembari menyebutkan saintis Muslim al-Khowarizmi yang hafal al-Qur’an dan juga ahli di bidang matematika.

Semakin baik interaksi seseorang dengan al-Qur’an, sambungnya, maka akan semakin baik pula kualitas hidupnya.

Acara yang berlangsung selama 2 jam dan dikemas dalam bentuk dialog tersebut, dihadiri ratusan mahasiswa, sejumlah pejabat dan dosen FDI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More