Tips Agar Hafalan Tidak Hanya Lewat Saja di Kepala

Tips Agar Hafalan Tidak Hanya Lewat Saja di Kepala
Bina Insan Sahabat Al Qur’an – Setelah kita mengetahui beberapa kaidah dasar untuk menghafal Al-Quran dan ataupun hafalan-hafalan lainnya, maka sudah sepantasnya bagi kita untuk mengetahui beberapa hal yang menghalangi dan menyulitkan hafalan agar kita dapat waspada dari penghalang-penghalang tersebut. Di antaranya:

1. Jauhkan diri dari dosa dan maksiat.
Ada sebuah syair yang mengatakan: “ilmu itu bagaikan cahaya, dan cahaya (ilmu) Allah itu tidak akan bagi orang-orang yang berbuat maksiat”. Jadi oleh karenanya, sesungguhnya dosa dan maksiat akan melupakan hamba terhadap Al-Quran dan terhadap dirinya sendiri. Hatinya akan buta dari dzikrullah.
Mari kita bersama-sama berusaha untuk selalu menjaga diri kita dari perbuatan-perbuatan dan juga amalan-amalan yang dimurkai oleh Allah SWT.

2. Upayakan untuk menjaga hafalan dan mengulangnya secara terus-menerus.
Salah satu kesalahannya antara lain yaiut tidak mau memperdengarkan (meminta orang lain untuk menyimak) dari apa-apa yang dihafal dari Al-Quran kepada orang lain. Padahal yang demikian itu sangat membantunya untuk menjaga hafalannya. atau bisa juga dengan memperdengarkan hafalannya dari mp3 atau radio yang menyiarkan al Quran.

3. Kurangi perhatian yang berlebihan terhadap urusan dunia
Perhatian yang berlebih ini akan menjadikan hatinya tergantung dengannya dan selanjutnya tidak mampu untuk menghafal dengan mudah.

4. Jangan berambisi menghafal ayat-ayat yang banyak dalam waktu yang singkat dan pindah ke hafalan lain sebelum kokohnya hafalan yang lama.

Kita mohon pada Allah Subhanahu wa Ta`ala semoga Dia mengkaruniakan dan memudahkan kita untuk menghafal kitab-Nya, mengamalkannya serta dapat membacanya di tengah malam dan di tepi siang. Wallahu alam bishawwab.
Beberapa poin diambil dari kutaib: “Kaifa Tataatstsar bil Quran wa Kaifa Tahfadzuhu?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More