Motivasi menghafal al Qur’an itu perlu

Motivasi menghafal al Qur'an itu perlu
Bina Insan Sahabat Al Qur’an – Motivasi itu perlu untuk menyemangati dalam mencapai suatu target. Tapi dosisnya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri.

Bila motivasi berkelebihan dari yang semestinya, ia bukannya memberikan dorongan terhadap cita-cita yang ingin dicapai, tapi malah mengendorkan semangat atau bahkan membunuh sama sekali.

Contoh: Motivasi menghafal al Qur’an itu perlu, tapi berikan lah sesuai dengan realiata dan kemampuan yang wajar. Hafal al Qur’an dalam 40 hari, 2 bulan, 6 bulan, kalau menurut saya itu motivasi yang membunuh. Yang membuat orang bisa stres, bahkan gila. Atau paling kurang membuat dia justru kabur dari al Qur’an.

Awalnya mungkin semangat, namun akhirnya bisa-bisa ia menjadi orang yang trauma dengan al Qur’an.

Kita yang diberi motivasi pun jangan sampai terlalu bernafsu hingga kehilangan akal sehat. Semangati lah diri untuk selalu mau membaca dan menghafal al Qur’an. Yang penting kontinyu. Jangan terlalu ditekan dengan target-target cepat bisa hafal.

Ingat…..cepat hafal juga akan cepat hilang. Bahkan akan cepat bosan. Apalagi kalau kita bukanlah pelajar khusus pesantren tahfiz atau bukan pelajar takhasus agama.

Jadikan lah target utama kita dekat dengan al Qur’an, selalu mentadabburi dan mengamalkannya. Tidak mesti hafal seperti hafalan Imam Syuraim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More