Metode dan Manfaat Menghafal Al Qur’an

Metode dan Manfaat Menghafal Al Qur'an
Bina Insan Sahabat Al Qur’an – Metode dan Manfaat Menghafal Al Qur’an
“Sebenarnya (Al Quran) itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu.
Hanya orang-orang yang zalim yang mengingkari ayat-ayat Kami”
{Al ‘Ankabȗt: 49}

Menetapkan Tujuan

Mengapa saya menghafal Al Quran? Pertanyaan ini wajib Anda rujukkan kepada Anda sendiri. Sebelum Anda membaca memulai Al Quran. Upayakan jawapan dari jawapan tersebut adalah “Saya menghafal Al Quran karena cinta kepada ALLAH, berharap karena ridhoNYA, dan agar beruntung mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat”
Jika itu tujuan Anda menghafal Al Quran, Anda telah menempuh separuh perjalanan menghafal Al Quran. Upayakan untuk duduk dan merenung tentang faedah manfaat menghafal Al Quran, dan bagaimana (melalui) Al Quran (ALLAH) dapat mengubah kehidupan Anda sebagaimana telah mengubah kehidupan orang-orang sebelum Anda.
Anda juga harus meyakini bahwa ALLAH juga akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk menghafal Al Quran. ALLAH berfirman:
“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mengambil Pelajaran?”{Al Qomar: 17}

Optimalkan Waktu

Pekerjaan yang harus Anda lakukan hari ini, jangan Anda tunda ke esok hari. Usia itu sangat pendek. Tidak dapat diketahui kapan seseorang itu akan meninggal dunia. Karena itu, mulai saat ini segeralah mengambil keputusan untuk menghafal Al Quran. Jangan biarkan waktu dan usia Anda berlalu tanpa Anda gunakan membaca Al Quran dan mengamalkan ajaran Al Quran. Pada hari Kiamat, ALLAH akan mempertanyakan waktu yang Anda gunakan. Ketika itu, Anda akan menyesali setiap waktu yang tidak Anda gunakan untuk mengingat ALLAH, atau tidak membaca KitabNYA, atau tidak melakukan sesuatu untuk agama Islam.

Lepaskan Rasa Takut dan Gangguan Kejiwaan

Sebagian peneliti menegaskan, setiap ayat Al Quran memiliki kekuatan yang unik untuk menyembuhkan. Beberapa eksperimen membuktikan, orang yang hafal Al Quran lebih jarang tertimpa penyakit, terutama penyakit kejiwaan daripada orang yang tidak menghafalkan Al Quran, Anda merasa mulai baru dilahirkan. Bersediakan Anda memulai projek ini yang dapat mengubah kehidupan Anda?

Fasa – Fasa Menghafal Al Quran dengan Mudah

Mulai dari surah yang Anda sukai dan Anda yakini mudah bagi Anda hafal.
Dengankan surat yang Anda hafal sebanyak sepuluh atau duapuluh kali.
Buka Al Quran untuk melihat surah yang Anda hafal. Anda pasti merasa familiar dan lebih mudah menghafal surah itu karena surah itu sudah terekam di dalam sel-sel otak Anda setelah sering mendengar surah itu.
Surah yang akan Anda hafalkan diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok.
Mulai dengan menbaca kelompok ayat pertama, diulang hingga hafal. Kemudian baca berulang kelompok ayat yang kedua hingga hafal. Setelah itu gabungkan kelompok ayat pertama dan kedua dalam bacaan Anda hingga benar-benar Anda hafal.

Tundukkan Kesulitan

Kesulitan terbesar dalam menghafal Al Quran adalah karena Al Quran memiliki gaya bahasa unik yang berbeza sama sekali dengan bahasa manusia. Karena itu otak mendapatkan kesulitan untuk serasi dengan gaya bahasa yang baru itu. Namun demikian, begitu Anda mendengarkan Al Quran dan merenungkan setiap ayat yang Anda dengarkan, disertai upaya memahami arti dan maksud ayat-ayat tersebut, kemudian Anda mendengarkan berulang, Anda akan mendapatkan otak Anda berinteraksi dengan Al Quran dan Anda menjadi mudah untuk menghafal Al Quran.

Menghafal Secara Konsisten

Rasulullah Sallallahu’alayhiwasalam bersabda, “Setiap perbuatan pasti disertai niat …” Sementara perbuatan yang paling disukai oleh ALLAH adalah perbuatan yang dilakukan secara konsisten meskipun hanya sedikit. Upayakan setiap hari Anda menghafal beberapa ayat Al Quran, dan jangan sampai Anda tidak menghafal meskipun hanya satu hari karena alas an apa pun. Niat Anda menghafal Al Quran harus semata-mata untuk mengharapakan ridha ALLAH, untuk mendekatkan diri denganNYA, dan untuk mengenal ALLAH. Orang yang ingin mengenal ALLAH hendaknya membaca Kitab ALLAH Subhanahuwata’ala.

Memprogram Otak untuk Menghafal Al Quran

Para ilmuan menegaskan, setiap suara yang didengar seseorang secara berulang dapat mengubah system kerja sel-sel otak. Mendengarkan Al Quran berarti Anda mempersiapkan program sel-sel otak Anda agar sesuai dengan Al Quran bersama seluruh ajaran dan hukum-hukum yang dikandung Al Quran. Agar perubahan system kerja sel-sel otak menghasilkan perubahan yang positif, kita harus mendengarkan Al Quran dengan benar-benar khusyuk. Hal itu sebagaimana diperintahkan oleh ALLAH Subhanahuwata’ala dalam firmanNYA,
“Dan apabila dibacakan Al Quran maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat” {Al A’raf: 204}

Mendengarkan Lantunan Al Quran Ketika Tidur

Para ilmuan menegaskan, pada saat seseorang tidur, otak tetap energik: memperbaiki data-data yang dikumpulkan selama seharian, lalu menyusun dan memasang data-data itu di lokasi-lokasi tertentu. Karena itu, setiap saat kita dapat mengambil faedah dari tidurnya dan mendegarkan lantunan Al Quran. Hal ini dapat membantu kita untuk memantapkan hafalan ayat-ayat Al Quran, ALLAH berfirman,
“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran) NYA ialah tidurmu pada waktu alam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNYA. Sungguh, pada yang Demikian itu benar benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” {Ar Rȗm: 23}

Puasa Permudah Hafalan Al Quran

Ketika Anda berpuasa, upayakan untuk menyibukkan waktu Anda menghafal surah Al Quran yang sebelunya Anda dengarkan berulang. Puasa dapat meningkatkan kekuatan rasponsif Anda sehingga Anda dapat menghafal Al Quran dengan mudah. Hal ini menunjukkan bahwa bulan Ramadhan merupakan waktu yang paling tepat untuk memulai menghafal Al Quran.

Al Quran Sebagai ubat Hati

Ternyata, Al Quran merupakan obat bagi penyakit-penyakit fisik dan kejiwaan. Al Quran mengandungi ubat untuk setiap penyakit. Ketika Anda tertimpa rasa cemas dan gundah , Al Quran dapat menghilangkan kegundahan Anda. Ketika Anda tertimpa penyakit, Al Quran dapat (digunakan untuk) menyembuhkanmu. Atas izin ALLAH. Membaca surah Al Falaq, An Naas, dan ayat Kursi dapat (bermanfaat) melindungi Anda dari Segala macam gangguan.
Jika membaca surah Al Fatihah dapat menyembuhkan orang yang sakit, dengan izin ALLAH, tentu orang-orang yang hafal seluruh ayat-ayat Al Quran akan lebih luar biasa dalam menyembuhkan penyakit. ALLAH Subhanahuwata’ala berfirman,
“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat ALLAH. Ingatlah, hanya dengan mengingat ALLAH hati menjadi tenteram” {Ar Rȗm: 28}

Satu Huruf Al Quran Mengandung Sepuluh Pahala

Rasululloh Sholallohu’alayhiwasalam menegaskan, barang siapa yang membaca satu hufuf Al Quran, ia mendapatkan ganjaran satu pahala, dan satu pahala dilipatgandakan menjadi sepuluh kali. Mari kita renungkan bersama, berapa pahala yang akan Anda dapatkan ketika Anda membaca Al Quran secara keseluruhan, atau sebanyak 30 juz, dan Anda membanya secara berulang setiap bulan misalnya. Jika Jumlah huruf (dalam Al Quran) tersebut dikalikan sepuluh pahala atau kebaikan. Setiap kebaikan lebih baik daripada dunia.

Janin Terpengaruh oleh Bacaan Al Quran

Para ilmuan menegaskan, janin dalam kandungan ibunya setelah 42 malam mulai berinteraksi dengan dengan pengaruh-pengaruh eksternal, dan ia mulai terpengaruh oleh suara-suara yang ia dengar, sedang ia berada dalam perut ibunya. Oleh karena itu seorang ibu harus memperdengarkan ayat-ayat Al Quran kepada janin yang berada dalam kandungannya. Apalagi setelah melahirkan, sang ibu harus tetap memperdengarkan ayat-ayat Al Quran kepada anaknya. Dengan begitu sel-sel otak dan hati anak itu akan terpengaruh oleh ayat-ayat Al Quran, yang merupakan firman ALLAH. Jika Anda memperlakukan janin Anda seperti itu, berarti Anda telah mempersiapkan anak Anda untuk menghafal Al Quran sebelum ia dilahirkan.

Al Quran sebagai Budi Pekerti

Aisyah pernah ditanya tentang budi pekerti Rasululloh Sallallahu’alayhiwasalam. Aisyah menjelaskan, “Budi pekerti Rasulullah adalah Al Quran”. Jika Anda ingin budi pekerti Anda seperti Rasulullah Sallallahu’alayhiwasalam, hafalkanlah Al Quran, lalu hayatilah ayat yang Anda baca dan Anda dengarkan,
“Dan apabila dibacakan Al Quran maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat” {Al A’raf: 204}

Hafal Al Quran sebagai Pelipur Lara

Ketika Anda menghafal Al Quran, lalu Anda membacanya dengan berulang, Anda pasti mendapatkan ayat-ayat tertentu yang sesuai untuk mengubati penyakit-penyakit tertentu pula, seperti ayat-ayat untuk menyembuhkan lara dan rasa sedih, mengubati guncangan batin, memudahkan rezeki, dan ayat-ayat untuk cepat hamil dan dimudahkan dalam melahirkan. Jika Anda hafal Al Quran, Anda dapat membawa ayat-ayat itu di dalam dada Anda, dan Anda dapat membacanya setiap kali Anda memerlukannya. Hafal Al Quran berarti Anda memiliki media-media penyembuhan. Banyak eksperimen membuktikan, orang yang hafal Al Quran tidak pernah menderita lara, gelisah, dan sedih.

Mengulang Hafalan Al Quran

Jangan lupa untuk senantiasa mendengarkan surah tertentu atau beberapa halam Al Quran, lalu mendengarkannya kembali berulang hingga Anda menghafalnya. Jika Anda sudah menghafalnya, bacalah surah itu di dalam sholat. Pada malam hari, berwudhulah lalau laksanakan dua rakaat sholat tahajud. Dalam sholat itu bacalah ayat yang Anda hafalkan pada siang harinya. Anda akan merasakan kenikmatan yang luar biasa dan merasakan manisnya iman. Ulangi sekali lagi bacaan Anda sesaat sebelum tidur dan sesaat setelah bangun tidur. Cara seperti itu dapat melekatkan bacaan Anda di akal bagian dalam Anda sehingga tidak ada satu pun ayat yang Anda lupakan. Selain itu sebelum Anda tidur, renungkanlah ayat-ayat yang Anda baca. Hal itu dapat membuka hati dan akal Anda.

Hafal Al Quran Lahirkan Kebahagiaan

Hafal Al Quran dapat membuat seseorang semakin sabar dan tabah dalam menghadapi Segala macam kesulitan hidup, juga akan memperolah kebahagiaan yang tak terhingga. Ketika Anda hafal Al Quran, Anda dapat mengubah cara pandang Anda dalam Segala hal yang berada di sekeliling Anda. Selain itu, perilaku Anda akan sama dengan ajaran Al Quran yang Anda hafal. Hasil penelitian menunjukkan, orang-orang yang hafal Al Quran lebih bahagia dan dijauhkan dari kesulitan daripada yang tidak hafal Al Quran.

Membaca Al Quran dengan Tartil

Di antara faktor yang membantu Anda dapat membaca Al Quran dalam waktu yang cukup lama, tanpa dihantui rasa bosan adalah membaca Al Quran dengan suara yang bagus dan dengan tartil. ALLAH Subhanahuwata’ala berfirman,
“… dan bacalah Al Quran itu dengan tartil (perlahan-lahan)” {Al Muzzammil: 4}
Membaca Al Quran dengan menggunakan suara bagus dan agak nyaring, dan dengan bacaan tartil, dapat membuat merasakan manisnya bacaan dan hafalan Al Quran. Kuasailah ilmu tajwid dengan baik. Konsentrasilah terhadap setiap kalimat yang Anda baca dan resapilah makna ayat yang Anda baca.

Memahami Setiap Kata dalam Al Quran

Seringlah untuk berada dalam satu majlis atau bertukar pikiran dengan orang-orang yang soleh, orang-orang yang berilmu, orang-orang yang hafal Al Quran, dan orang-orang yang memiliki perhatian dan bergelut dalam tafsir Al Quran. Ketika Anda mendapatkan kata atau kalimat yang sulit atau tidak Anda Fahami, tanyakanlah tentang tafsir kata atau kalimat tersebut kepada orang yang memahaminya. Upayakan untuk menguasai banyak tentang hukum-hukum tajwid. Menguasai keahlian tersebut sama dengan sudah menguasai 50% hafalan Al Quran. Bacalah semua artikel atau gagasan yang berkaitan dengan Al Quran.

Tanamkan Motivasi

Memanfaatkan setiap kesempatan yang Anda lalui, pada siang atau malam hari. Berikan motivasi kepada otak Anda: menghafal Al Quran merupakan Pekerjaan terpenting dalam hidupku. Hafal Al Quran dapat merubah hidupku, aku dapat dekat dengan ALLAH, aku akan seperti Rasulullah Sallallahu’alayhiwasalam yang Al Quran merupakan kehidupan beliau.
Motivasi seperti itu memiliki pengaruh yang luar biasa dalam memudahkan proses menghafal.

Al Quran Sebagai Teman Terbaik

Pilihlah (mashaf) Al Quran sebagai sahabat dalam sebahagian besar waktu Anda dan konsistenlah dalam menghafal Al Quran. Dengan begitu akan tumbuh hubungan khusus antara Anda dengan Al Quran! Cara ini dapat membuat Anda mencintai dan membuat Anda menikmati hafalan Al Quran, di samping Al Quran menjadi penjaga hafalan Anda. Langkah ini dimulai dengan mencari seorang teman yang dapat diajak menghafal Al Quran bersama dengan Anda. Perbincangan anda dengan teman Anda itu sebisa mungkin seputar Al Quran dan berzikir kepada ALLAH.

Renungkan Mukjizat Ilmiah Al Quran Kuatkan Hafalan

Al Quran banyak berbicara tentang mukjizat-mukjizat ilmiah yang berkaitan dengan semesta dan kedokteran, banyak membaca tentang mukjizat tersebut semakin menambah keinginan seorang mukmin untuk menghafal Al Quran, di samping membuat seorang mukmin semakin bergantung dan cinta kepada Kitab Tuhannya, Al Quran. Selain itu Mengetahui banyak tentang mukjizat dalam Al Quran membantu seorang mukmin untuk senantiasa membaca, merenungkan, dan menghafalkan Al Quran. Dan kita jangan lupa, merenung atau berfikir merupakan salah satu ibadah yang menempati posisi tertinggi ibadah.

Terlambat Lebih Baik daripada Tidak Sama Sekali

Misi terpenting yang dibawa Rasulullah Sallallahu’alayhiwasalam adalah Al Quran! Oleh karena itu, pekarjaan hari ini jangan Anda tunda hingga hari esok. Jika kemarin Anda sudah berhasil untuk menghafal Al Quran, sekarang juga ambillah keputusan untuk menghafal Al Quran dan bertawakallah kepada ALLAH Subhanahuwata’ala,
“… apabila engkau membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada ALLAH. Sungguh, ALLAH mencintai orang yang bertawakal.” {Ali Imron: 159}
Perlu Anda yakini, ALLAH akan membantu Anda untuk menghafal KitabNYA.
***
Tidakkah Anda menyukai Al Quran sebagai penyembuh dan cahaya Anda di dunia dan akhirat?
Kalau begitu, jadikanlah Al Quran sebagai peharian utama Anda, alau hayatilah firman ALLAH berikut ini.
“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu Pelajaran (Al Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. Katakanlah (Muhammad) “Dengan karunia ALLAH dan rahmatNYA, hendaknya dengan itu mereka bergembira, itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan”.” {Yȗnus: 57-58}
Wa ALLAHU A’LAM.. Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More