Tips Persiapan sebelum menghafal Al Qur’an

Bina Insan Sahabat Al Qur’an  –  Dalam segala hal itu perlu persiapan, termasuk sebelum menghafal Alqur’an. nah dalam
 Postingan kali ini kita akan membahas tips persiapan sebelum menghafal Alqur’an, dan ini sangat diperlukan bagi kita yang ingin menghafal Al-Qur’an. supaya nantinya kita bisa menjadi penghafal yang baik,dan benar. ayo kita langsung saja,apa saja persiapannya?

1. Mencari sahabat

Mencari sahabat untuk sama sama menghafal Alqur’an, minimal 1 atau dua, syukur syukur lebih.
bersama sahabat kita bisa membuat jadwal bersama, dengan mereka insya Allah kita bisa lebih disiplin untuk menghafal,dengan adanya sahabat ketika kita muroja’ah dan terjadi kesalahan dalam kalimat,huruf dan tajwidnya maka sahabat akan menyimak dan mengoreksi apakah bacaan kita benar atau salah. disamping itu kita akan lebih semangat menghafal jika ada teman.

2. Hindari Musuh terbesar

Alqur’an adalah kitab suci yang harus dijaga dengan baik,dan karena Alqur’an Adalah kitab suci, maka akan lebih mudah singgah terhadap orang yang yang berhati suci dan bersih.

ketika seorang berusaha keras menghafal Alqur’an namun ia salalu berbuat kotor dan ma’syiat maka sama saja dengan mengisi air kedalam ember yang bocor, semakin diisi maka tetap saja tidak akan penuh dan terisi. jadi persiapkan diri kita jika kita ingin menghafal Alqur’an, supaya Alqur’an yang sudah dihafal tidak cepat hilang, dan ini adalah musuh terbesar seorang yang hafal alqur’an.
di antara musuh yang lainnya adalah malas, malas muroja’ah dan malas membaca Al-Qur’an ini juga termasuk musuh yang sangat luar biasa dalam upaya menghafal Alqur’an.

3. Pastikan bacaan sudah benar.

Ini penting..!!! kesalahan dalam membaca akan berkelanjutan kesalahan dalam menghafal, usaha memperbaiki kesalahan adalah dengan belajar dahulu tentang ilmu tajwid, makhorijul huruf kepada ahlinya. dan jikalau bisa kita dibimbing menghafal oleh penghafal yang sudah baik bacaannya.

4. Mempelajari kosa kata, Tafsir, dan Asbabunnuzul

Dengan mengenal kosa kata yang terkandung didalamnya,tafsir dan asbabun nuzulnya kita bisa lebih mudah menghafal dan memahami ayat alqur’an yang kita hafal.

5. Buat jadwal menghafal.

sebelum menghafal buatlah jadwal menghafal dan muroja’ah secara tertulis, lalu tempelkan di tempat yang kira kira kita bisa melihat jadwal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More