Mulailah Dengan Surah-Surah Pilihan

Bina Insan Sahabat Al Qur’an  –  Bila sebelumnya Anda sudah pernah menghafal surah atau juz tertentu, maka sebaiknya Anda surah dan juz tersebut terlebih dahulu. Insya Allah proses murojaah akan lebih cepat dan menambah semangat kita untuk melanjutkan kepada hafalan ayat-ayat berikutnya.

Misalnya sebelumnya Anda sudah pernah menghafal juz 30, Surah Yasin, Surah Al-Waqi’ah dan Surah Al-Mulk. Maka saran saya bila Anda ingin mulai intensif menghafal, murojaahlah terlebih dahulu surah-surah itu supaya proses menghafal bisa lebih cepat. Secara psikologis, hal ini akan mendorong kita untuk terus maju ke depan. Sebab semangat menghafal Anda yang telah menguasai seperlima Al-Qur’an, tidak sama dengan semangat di kala Anda telah menghafal setengah dari Al-Qur’an. Tidak sama juga dengan semangat orang yang tidak mempunyai hafalan Al-Qur’an sama sekali.

***

Ketika ingin menghafal, jangan ditunda lagi. Segeralah mulai untuk menghafal kitab suci ini. Kita bisa memulai dengan menghafal surah-surah khusus yang mempunyai keistimewaan tersendiri atau anjuran khusus dari Rasulullah Saw. untuk membacanya. Ketika kita hafal surah-surah ini, insya Allah akan lebih memudahkan kita untuk membacanya kapan dan dimana saja tanpa melihat mushaf.

Surah-surah pilihan tersebut sangat banyak, antara lain:

– Surah Al-Kahfi

Rasulullah bersabda, yang artinya “Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan dipancarkan dari bawah kakinya hingga ke puncak langit, yang akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan dosanya akan diampuni diantara dua Jumat.” (HR. Hakim dan Baihaqi dari Abu Sa’id Al-Khudri)

– Surah Al-Mulk

Rasulullah bersabda, yang artinya “Ada satu surah yang mempunyai tiga puluh ayat di dalam Al-Qur’an, ia akan memberikan syafaat kepada seseorang (yang membacanya) hingga dosanya diampuni, yaitu Surah Tabarakalladzi bi yadihil mulk (Surah Al-Mulk)” (HR. At-Tirmidzi dan Abu Dawud)

-Surah As-Sajdah dan Surah Al-Insan

Abu Hurairah berkata, “Nabi Muhammad Saw. membaca Surah Alif Lam Mim. Tanzilul Kitâb (Surah As-Sajdah) dan surah Hal Atâ ‘alal Insân hinun minaddahri (Surah Al-Insan) pada Shalat Shubuh di hari Jumat” (HR. Bukhari dan Muslim)

-Surah Al-Jumu’ah dan Surah Al-Munafiqun

Abdullah bin Abbas berkata, “Rasulullah Saw. membaca Surah Al-Jumu’ah dan Surah Al-Munafiqun pada Shalat Jumat” (HR. Muslim)

– Surah Yaasiin

Dari Abdullah bin Abbas, Rasullah bersabda, “Aku berharap surah ini (yaitu Surah Yasin) ada di hati setiap umatku” (HR. Al-Bazzaar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More