Semangat Tahun Baru Hijriyah

Segala puji bagi Allah pemilik segala Kenikmatan dan Anugerah, Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita nanti syafaatnya di yaumul akhir nanti. Alhamdulillah kita masih diberikan kenikmatan dari Allah SWT berjumpa kembali di tahun yang baru tahun Hijriyah. Artinya kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk berubah menjadi pribadi muslim yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk menjadi pribadi muslim yang lebih baik, cuma kita sendiri yang bisa melakukannya. Dalam hal ini, Allah SWT berfirman:
]إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ[
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (TQS. Ar-Ra’d [13]: 11).
Dalam ayat tersebut secara gamblang Allah menjelaskan bahwa Dia tidak dapat merubah suatu kaum, melainkan kaum itu sendiri yang mengubah dalam diri mereka. Termasuk diri kita sendiri, diri kitalah yang harus berusaha untuk melakukannya tentu saja perubahan disini yakni perubahan kearah yang lebih baik.
Spirit tahun baru hijriyah ini baiknya digunakan sebagai momentum untuk membuat resolusi membuat diri kita menjadi pribadi muslim yang baik. Dan memang melakukan perubahan terhadiap diri kita bukan sesuatu yang mudah.Namun, Allah akan selal melindungi hambaNya. Dalam sebuag hadist Rasulullah SAW bersabda,
“Barangsiapa mengutamakan kecintaan Allah atas kecintaan manusia maka Allah akan melindunginya dari beban gangguan manusia.” (HR Ad-Dailami)
Dengan semangat tahun baru Hijriyah, ada beberapa hal yang dapat menguatkan semangat dan langkah kita untuk berubah:
Pertama, Memohon Hidayah atau petunjuk dari Allah Subhanahu wa Ta’ala
Dalam surat Maryam ayat 76 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

وَيَزِيدُ اللَّهُ الَّذِينَ اهْتَدَوْا هُدًى ۗ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ مَرَدًّا
“Dan Allah akan menambah petunjuk kepada mereka yang telah mendapat petunjuk. Dan amal-amal saleh yang kekal itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik kesudahannya.” (Q.S Maryam :76)
Hidayah atau petunjuk dari Allah SWT merupakan anugerah yang tak terhingga, tidak setiap orang selalu mendapatkan Hidayah dari Allah SWT. Maka sebagai hambaNya yang sedang berusaha menjadi baik, hendaknyalah selalu berdoa meminta hidayah dari Allah SWT. Bahkan Rasulullah sendiri tidak dapat memberi hidayah kepada pamannya.

اِنَّكَ لَا تَهْدِيْ مَنْ اَحْبَبْتَ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ

Artinya: Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.(Q.S Al-Qasas :56).

Yang Kedua Istiqomah
Acapkali kita semangat pada saat awal-awal yang kemudian malah semakin loyo di langkah kemudian. Maka sebagai seorang Muslim ketika kita bertekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi, kita mesti istiqomah dalam menjalankannya. Dalam surat Hud ayat 112 Allah berfirman :

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

“Maka istiqamahlah kamu (Muhammad) di jalan yang benar, sebagaimana telah diperintahkan kepadamu dan juga kepada orang yang bertaubat bersamamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sungguh, Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S Hud: 112)
Dalam ayat lain Allah juga berfirman

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ * نَحْنُ أَوْلِيَاؤُكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنْفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ * نُزُلًا مِنْ غَفُورٍ رَحِيمٍ
“Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka tetap istiqamah, maka para malaikat akan turun kepada mereka (seraya berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah kamu dengan balasan surga yang telah dijanjikan kepadamu.” (30) Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat. Di dalam surga itu kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan apa yang kamu minta. (31) Sebagai penghormatan (bagimu) dari Allah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (32).” (Q.S Fusshilat: 30-32).

Dengan semangat tahun baru hijriyah ini semoga kita menjadi pribadi Muslim yang baik dan taat kepada segala perintah dan menjauhi segala larangan dari Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel

Kiat Mudah Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang kelak akan menolong seorang muslim saat dihari akhir nanti. Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga merupakan salah satu ciri orang yang berilmu. Dalam surat Al-Ankabut ayat 49 Allah berfirman: بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ “Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat […]

Read More
Artikel

Syarat Diterimanya Syahadat

Syahadatain memiliki makna beritikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengakui secara lahir batin bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya yang diutus kepada manusia sevara keseluruhan, sehingga sebagai seorang muuslim memiliki konsekuensi untk mengamalkan, mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya dan tidak mempersekutukan Allah. Dalam Surat […]

Read More
Artikel

Menundukan Pandangan

Mata merupakan jendela dunia. Mata sendiri merupakan anugerah yang Allah berikan kepada setiap manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya alam semesta ciptaan Allah. Selain itu ia menjadi pintu apakah untuk melihat hal positif ataupun negatif. Apabila digunakan hal baik akan mendapatkan Ridho dari Allah sedangkan bila negative maka adzab Allah sungguh pedih. Dalam Al-Quran […]

Read More